Tingkatkan Literasi, Bedah Buku Bersama Komunitas Baca Buku Surabaya

Bedah buku bersama penulis | Foto: dokumentasi Arrisalah 

Arrisalah— Surabaya Book Party (SBP) menyelenggarakan kegiatan SIBUK (Siang Buku) dengan tema "bedah buku" bersama penulis di perpustakaan Arisza (Arisza Library), Jalan Gayungsari Barat No. 27 Kota Surabaya pada Sabtu (29/06/24). Kegiatan ini dimulai pada pukul 12.20 hingga 16.05 WIB. Buku yang dibedah adalah novel berjudul "Roti Marieku" karya Evy Ervianty.

Surabaya Book Party adalah komunitas baca buku yang eksis di Surabaya sejak awal tahun 2024. Awalnya komunitas baca buku ini berdiri di Jakarta dengan nama Jakarta Book Party (JBP) pada akhir tahun 2023. Kegiatan utamanya adalah berliterasi seperti membaca buku dan berdiskusi dengan tujuan agar mempopulerkan kebiasaan membaca di kalangan anak muda.

Nisa Kamila, selaku koordinator Surabaya Book Party mengatakan bahwa SIBUK ini adalah salah satu dari jenis kegiatan SBP. Biasanya mereka juga mengadakan museum tour selain kegiatan membaca buku di taman-taman Kota Surabaya.

Pada mulanya, Nisa mengaku mendapatkan tawaran dari Bu Evy Ervianty untuk bekerja sama mengadakan bedah buku.

"Kebetulan ada penulis, namanya Bu Evy yang mau mengajak kolaborasi dengan model talk show bedah buku. Menurut saya kegiatan ini juga sangat bagus karena berguna meningkatkan kemampuan menulis kita" Ujarnya.

Hal tersebut juga sebagaimana dikatakan oleh Bu Evy Ervianty, Seorang Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang juga sekaligus penulis novel "Roti Marieku" bahwa Beliau memang menginginkan agar ada kegiatan bersama komunitas buku supaya novelnya lebih dikenal luas. 

"Yang punya perpustakaan ini Bu Anita, besan saya. Saya hanya membantu. Kebetulan orangnya sedang keluar kota." Ujarnya.

Selain menghadirkan penulis, acara tersebut juga menghadirkan Pak Anang, selaku pemilik Genta Production yang menerbitkan novel "Roti Marieku". 

Acara SIBUK dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari anggota SBP dan pengunjung perpustakaan Arisza. Kegiatan dimulai dengan Talk Show antara penulis dan moderator seputar novel, dari mulai proses pembuatan, motivasi, hingga kendala-kendala dalam penulisan novel "Roti Marieku". Kemudian juga dengan penerbit Genta Group Production.

Di penghujung acara terdapat pula tanya jawab berhadiah novel dan uang dari penulis dan pemilik Genta Group Production. 

"Menarik sekali acaranya, saya mendapatkan banyak insight baru yang belum saya temui di tempat lain" Ujar Arya, anggota SBP.

Nisa Kamila menambahkan bahwa dirinya tidak menyangka kegiatan akan dihadiri oleh banyak orang. Ia berterima kasih kepada Bu Evy, Pak Anang, dan seluruh peserta telah meramaikan kegiatan tersebut.

"Harapannya semoga ke depan makin banyak kegiatan positif lainnya. Juga semoga masyarakat Surabaya semakin aware terhadap literasi" Tambah Nisa.

Lebih lanjut, Bu Evy memberi pesan kepada anak muda supaya menggunakan waktu sebaik mungkin untuk hal-hal yang positif. "Karena saya pecinta buku, maka saya pesan kamu lebih baik baca buku, satu buku dari awal sampai akhir, dalam, dapat ilmunya dapat motivasinya, daripada kamu menggerakkan jari-jarimu scrol up scrol down hanya untuk melihat tiktok, reels yang tidak berguna, cepat hilang, dan tidak berkesan apa-apa" Lanjutnya di akhir sesi wawancara.(Alfian)


Editor: Caca

0 Komentar