Gencarkan Sosialisasi ke Beberapa Sekolah, Beginilah persiapan Muamalah Festival 2024

Gencarkan Sosialisasi ke Beberapa Sekolah, Beginilah persiapan Muamalah Festival 2024_LPM ARRISALAH
Dokumentasi oleh jurnalis LPM Arrisalah

Persiapan panitia Muamalah Festival 2024 semakin digencarkan sejak awal bulan Juni, hal itu dimulai dengan berjalannya beberapa tim yang terbentuk untuk mensosialisasikan perlombaan ke beberapa sekolah-sekolah tingkat menengah atas sederajat di Surabaya, Sidoarjo, Gresik hingga Mojokerto.

Selain mensosialisasikan langsung ke sekolah, pemanfaatkan penyebaran informasi secara digital juga masif dilakukan, beberapa kali konten ajakan mengikuti perlombaan berangsur-angsur diupload pada akun media sosial muamalah festival dengan menggandeng influencer ataupun berkolaborasi dengan akun official fakultas syari'ah dan hukum UINSA.

Senin (15/07) bertempat di lapangan Madrasah Aliyah (MA) Billingual Krian Sidoarjo, para siswa-siswi melaksanakan rutinan pagi membaca doa-doa dan asmaul husna, lalu setelahnya Suparman mempersilakan teman-teman panitia dari UIN Sunan Ampel Surabaya bersosialisasi. 

Robi selaku Ketua Pelaksana Muamalah Festival 2024 memberikan pengantar mengenai rangkaian acara dalam Muamalah Festival 2024, kemudian secara bergantian dilanjutkan oleh beberapa panitia lainnya yang menjelaskan mengenai beberapa lomba yang bisa diikuti siswa-siswi menengah atas seperti lomba Cerdas Cermat Islam, lomba Business Plan, lomba Musabaqah syarhil Qur'an, dan E-sport. Sedangkan untuk mahasiswa juga bisa mengikuti lomba essay.

Muamalah Festival sendiri adalah suatu event yang digagas oleh Himaprodi Hukum Ekonomi Syariah yang bertujuan untuk merayakan dies natalis Prodi HES sendiri. Dalam pelaksanaannya terdapat 3 agenda utama, yakni opening berupa Seminar Nasional. Lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan babak penyisihan lomba-lomba sampai pada grand final dan pada penghujung acaranya akan ditutup dengan konser oleh Guest Star.

Selain MA Bilingual terdapat 2 sekolahan juga yang hari itu dikunjungi oleh tim sosialisasi diantaranya, SMA Persatuan Tulangan dan SMK Islam Krembung. Dan sampai saat ini tercatat lebih dari 10 sekolahan yang sudah dilakukan sosialisasi langsung.

"Kedepannya masih akan ada beberapa tim panitia yang terus mengadakan sosialisasi lomba ke sekolah-sekolah, batasnya kita sosialisasi ada di akhir Juli semoga semangat terus semua panitianya," terang Nuri selaku koor divisi humas yang mengkoordinir jalannya sosialisasi tersebut.

Robi berharap dengan adanya Event Muamalah Festival ini selain menumbuhkan kreativitas mahasiswanya juga menggandeng generasi-generasi penerus untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki melalui ajang perlombaan yang ada. 

"Secara tidak langsung kita juga memperkenalkan prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya kepada para siswa-siswi juga," Pungkas Robi. (Ella)

Editor : Elly L. M.

0 Komentar